Pages

Jumat, 04 Maret 2011

khasiat pasak bumi

Dari beberapa referensi yang saya baca ternyata pasak bumi memiliki banyak khasiat sebagai obat. Tumbuhan ini banyak tumbuh di daerah tropis seperti contohnya di Indonesia. Pasak bumi memiliki nama latin Eurycoma Longifolia. Pasak bumi banyak tumbuh di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan di daerah lainnya di Indonesia. Pasak bumi dipercaya secara turun-temurun memiliki khasiat diantaranya menambah vitalitas bagi kaum pria, tonikum bagi ibu yang melahirkan, untuk demam, untuk penyakit malaria serta untuk yang tidak kuat....terhadap dinginnya air pasak bumi juga sebagai solusinya.
Tidak diragukan lagi khasiat dari pasak bumi yang merupakan tanaman asli Indonesia. Banyak para peneliti yang membuktikan hal tersebut. Salah satunya oleh Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, mahasiswa S3 Program Studi Biologi Sekolah Pascaserjana IPB dalam risetnya yang berjudul “Pengujian Aktivitas Hepatoprotektor Akar Pasak Bumi. Penelitiannya diujicobakan pada binatang yaitu tikus.Percobaan yang dilakukan sangat panjang dan memerlukan waktu yang cukup lama, berbulan-bulan serta melibatkan bahan kimia untuk berbagai tahapan proses ujinya. Hasil penelitian menunjukkan pasak bumi (Eurycoma Longifolia) berkhasiat dalam disfungsi seks, antimalaria, dan sitotoksik (peracunan sel).

Untuk orang Kalimantan hal sederhana yang dilakukan apabila ingin merasakan khasiat pasak bumi saat demam yaitu merendam pasak bumi yang telah dipotong-potong dengan ukuran yang tidak terlalu panjang kira-kira 5 cm kurang lebihnya dengan air panas pada cangkir atau gelas atau wadah lain yang disukai. Setelah direndam beberapa saat makan air rendaman tersebut dapat langsung diminum. Perlu diingat bahwa air rendaman tersebut sangat pahit, bagi yang tidak menyukai pahit maka bersiap-siaplah untuk merasakannya. Tetapi kebanyakan orang apapun dilakukan asalkan penyakit yang diderita cepat sembuh.

Pasak bumi dapat bertahan lama. Ini merupakan keistimewaan tersendiri bila dibandingkan dengan tanaman obat lainnya. Saya menyebutnya demikian karena pasak bumi dapat disimpan bertahun-tahun asalkan dalam keadaan kering. Pasak bumi juga dapat dibuat menjadi tepung obat dengan cara dihaluskan kemudian dimasukkan ke dalam kapsul obat yang kosong. Ini tadi bagi yang tidak kuat dengan rasa pahitnya, solusinya begitu.

Pada pameran-pameran Expo Pangan yang diselenggarakan oleh instansi-instansi pemerintah misalnya Dinas Pangan dan Obat-obatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan dinas-dinas yang lain, saya kurang hapal juga nama-nama dinasnya banyak menyertakan produk-produk yang dapat dibuat dari pasak bumi. Disini misalkan gelas pasak bumi. Biasanya gelas tersebut dilengkapi dengan tutupnya. Pasak bumi yang dipilih untuk membuat gelas tentunya pasak bumi yang telah berumur ratusan tahun. Karena biasanya untuk gelas pasak bumi diambil ukuran akar yang besar seukuran dengan diameter gelas pada umumnya. Pembeli dapat langsung menyeduh air panas kedalam gelas pasak bumi tersebut. Tunggu beberapa saat maka anda dapat langsung meminum air tersebut dan rasakan rasa pahit yang menantang lidah anda. Maka dari itu bersiap-siaplah apabila anda penasaran ingin mencobanya.

Bagi anda yang tertarik ingin mendapatkan dan merasakan khasiat pasak bumi dapat menghubungi saya melalui email atau sms melalui kontak yang ada pada profil saya. Masalah harga dapat nego kemudian.


by : sigit dwi hardiyanto

0 komentar:

Posting Komentar